Skip to main content

Iwan Simatupang

iwan+simatupang


Tukang komen dan caci maki dengan akun fake di medsos juga punya gaya sendiri dalam menuliskan pendapatnya. Bahkan yang dibayar untuk komen dan meramaikan sebuah tayangan dengan like dan komen juga punya filosofi. Paling tidak mereka sempat berfikir lain sebelum akhirnya melempar kebusukan demi kebutuhan.

Prilaku seperti ini tentu dengan mudah mendapat cap dari kelompok lain yang percaya kalau rizki dikais tidak harus seperti itu. Walaupun mereka tahu potret kehidupan tidak bisa ditolak memang  berwarna-warni.

Kita sering empati kepada orang yang nyata-nyata miskin dan cacat, tapi kita sering memusuhi orang yang miskin dan cacat prilakunya. Padahal keduanya sama butuh sedekah. Karena sedekah bukan hanya mampu secara harta tapi hakikatnya kemampuan ikhlas. Ketika kita mendapatkan orang yang miskin prilakunya, maka yang bisa kita lakukan memberinya nasihat yang bijak dan damai. Mereka sudah lama terusir dari dirinya sendiri. Perlu diapresiasi.

Berkenaan dengan itulah penulis menyajikan Iwan Simatupang.

Berkenalan Dengan Iwan Simatupang
Iwan Maratua Dongan Simatupang, lebih dikenal sebagai Iwan Simatupang lahir di Sibolga, Sumatra Utara, 18 Januari 1928. Iwan menghabiskan waktu kecilnya dengan belajar mengaji dari orangtuanya. 

Iwan Simatupang adalah pejuang sekaligus sastrawan. Dia pernah menjadi komandan pasukan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Dia tertangkap dalam penyerangan kedua polisi belanda tahun 1949 di Sumatera Utara.

Dari tahun 1966 sampai 1970, menjadi guru SMA di Surabaya, sebagai redaktur harian berita Siasat, dan terakhir menjadi redaktur Warta Harian.

Iwan Simatupang awalnya menulis sajak lalu mengutamakan menulis esai, cerita pendek, drama dan roman. Karya-karyanya itu dimuat di majalah Siasat dan Mimbar Indonesia mulai tahun 1952.

Iwan Simatupang lulus dari Hoogere Burgerschool  (HBS), Sekolah Menengah Umum Hindia Belanda di Medan. Walaupun tidak selesai pernah sekolah di Nederlandsch Indische Artsen School (Sekolah Dokter Hindia Belanda) di Surabaya, sekolah dokter itu dikenal dengan singkatan NIAS . 

Dari tahun 1954-1956 belajar antropologi di Universitas Leiden. Pernah belajar drama di Amsterdam. Dia juga belajar di Full Course International Institiute for Social Studies di Den Haag dan Ecole de l'Europe tahun 1957. Selain itu, di tahun 1958 dia belajar filsafat pada Prof. Jean Wahl  di Universitas Sorbonne, Paris, Prancis. 

Iwan Simatupang wafat pada tanggal 4 Agustus 1970, setelah kurang lebih 40 tahun berkarya di bidang sastra.

Kesan Iwan Simatupang
Pertama kali berkenalan dengan Iwan Simatupang tentunya lewat salah satu karyan novelnya berjudul Merahnya Merah. Novel yang  mendapat hadiah sastra Nasional 1970 ini bagi penulis sangat dasyat. Awalnya aneh ada novel dengan penyampaian yang bernas, namun seperti mengoceh. Heranya saya makin penasaran membacanya. Bahkan pikiran – pikiran saya sepertinya dipertemukan dengan keinginan menulis dengan gaya bebas. Tidak terpenjara tata bahasa, tidak terjerat kata – kata yang indah. Tapi sarat dengan kekuatan emosi yang bisa membuat pembaca larut dan mengerti pengalaman batin si penulis. Karena seburuk apapun pengalaman yang mampu dituangkan dengan tulisan tetap sebuah hasil perenungan.

Iwan tidak rumit terjerembab dalam penokohan dewa-dewi seperti cerita sinetron. Dia telah jauh merambah langitnya Jaya Baya. Seorang tokoh ideal tidak harus sempurna fisiknya tapi punya kekayaan batin bak malaikat turun ke bumi. Tokoh kita yang menjadi sentral cerita dalam novel merahnya merah dibiarkannya melaut dengan segala macam nafsu dan kekuatan kebenaran. Dia seperti hakim yang tak perlu menjatuhkan vonis untuk terdakwa.

Kalau menyimak karya-karya fiksi lainnya, Iwan memang seperti penulis spesialis penggali filosofi orang-orang pinggiran yang dia sebut sebagai manusia marginal atau manusia perbatasan. Bahkan dia sebut tokoh-tokohnya sebagai manusia eksistensialis.

Pola pikir dan filosofi eksistensialisme itu mengutamakan kebebasan memilih dan tanggung jawab. Filosofi yang meyakini bahwa kehidupan tidak memiliki makna tertentu. Setiap orang bebas menentukan makna kehidupan sesuai pendapat masing-masing.

Kalau demikian, nampaknya generasi milenial yang berkarakter individualis harus berkenalan dengan dengan karya-karya sastra almarhum, karena Iwan Simatupang tidak konvensional. Sama-sama tidak ingin ada sangkut pautnya dengan generasi sebelumnya.

Iwan Simatupang di Mata Tokoh Dunia dan Sastrawan
Menurut Benedict Richard O'Gorman Anderson (26 Agustus 1936 – 13 Desember 2015), seorang sejarawan dan pakar politik dunia, ada dua orang penulis fiksi yang berpengaruh dari Indonesia sejak kemerdekaan. Keduanya memiliki kelekatan yang kuat dengan realisme gaib (magical realism), yaitu Iwan Simatupang dan Putu Wijaya.

Kalau menurut Dami Ndandu Toda atau Dami N. Toda, seorang kritikus sastra Indonesia, Karya-karya Iwan Simatupang mempunyai ciri-ciri: bertema kesunyian hidup, dengan tokoh yang tak punya darah daging, alur ceritanya serba tak terduga, gayanya menyelaraskan kualitas ekspresi ke dalam bahasa kisahan.

Sedangkan menurut Prof. Dr. H. Budi Darma, M.A. (25 April 1937 – 21 Agustus 2021), seorang sastrawan, kritikus sastra dan akademisi Indonesia, Iwan Simatupang itu pengarang realis. Maka dalam karya-karyanya dia akan menulis berbagai realita pada waktu itu secara “harfiah,” tapi karena Iwan Simatupang bukan tipe itu, maka realita yang dia hadapi sehari-hari  dia angkat ke dunia abstrak, ke dunia absurd, dan ke dunia surealis. 

Kalau anda senang menulis prosa fiksi, Budi Darma termasuk pengarang yang revolusioner selain Danarto, Putu Wijaya, dan Iwan Simatupang sendiri. Karya-karya sastra mereka bisa dibeli via internet. Lalu anda akan berkenalan dengan penggunaan teknik bercerita kolase. Rada asing memang.

Kolase adalah kreasi atau karya seni dua dimensi yang dibuat dengan cara menggabungkan atau menempel potongan, pecahan, atau kepingan bahan pada sebuah gambar sehingga menghasilkan bentuk yang baru. Nah, coba bayangkan kalau tehnik karya seni ini diterapkan dalam tehnik bercerita. Menurut penulis seru.

Karya-karya Iwan Simatupang

Drama
Bulan Bujur Sangkar (1960)
Petang di Taman - drama sebabak (1966, judul asli Taman)
RT Nol /RW Nol - drama sebabak (1966)

Sajak
Ada Dukacarita di Gurun, dimuat majalah Siasat edisi 6 Juli 1952.
Ada Dewa Kematian Tuhan
Apa kata Bintang di Laut
Ada Tengkorak Terdampar di Pulau Karang
Puisi-puisi itu dimuat di majalah Siasat Baru edisi 30 Desember 1959.
Ziarah malam: sajak-sajak 1952-1967 - penyunting: Oyon Sofyan, S. Samsoerizal Dar, catatan penutup, Dami N. Toda (1993)

Sketsa
Ketika menjadi wartawan Iwan menulis di kolomnya sketsa tentang orang-orang terpinggirkan
Oleh-oleh untuk Pulau Bawean
Prasarana; Apa Itu Anakku?
Aduh… Jangan Terlalu Maju
Atuh!
Husy! Geus! Hoechst!
Di Suatu Pagi
Seorang Pangeran Datang dari Seberang Lautan
Dari Tepi Langit yang Satu ke Tepi Langit yang Lain.

Novel
Merahnja merah (1968)
Ziarah (1969).The Pilgrim - terjemahan bahasa Inggris oleh Harry Aveling (1975)
Kering (1972). Drought - terjemahan bahasa Inggris oleh Harry Aveling (1978)
Kooong: kisah tentang seekor perkutut (1975)
Ziarah - novel (1983). Ziarah – terjemahan bahasa Perancis (1989)

Cerita Pendek
Monolog Simpang Jalan
Tanggapan Merah Jambu tentang Revolusi
Kereta Api Lewat di JauhaI
Patates Frites
Tunggu Aku di Pojok Jalan Itu
Tegak Lurus dengan Langit
Tak Semua Tanya Punya Jawab

Surat-surat
Surat – surat politik Iwan Simatupang, 1964-1966 (1986, penyunting: Frans M. Parera)

Esai
Kebebasan pengarang dan masalah tanah air: esai-esai Iwan Simatupang, editor, Oyon Sofyan, Frans M. Parera (2004)


Sejumlah Masalah Sastra - kumpulan esai (1982, penyunting: Satyagraha Hoerip) 


Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Keyword Facebook Pro dan Tiktok Afiliate

Semua platform sepertinya tidak jauh berbeda. Urusan cari uang di medsos tentu jadi mendadak seleb, kebanyakan pikiran kotor, ingin cari uang secara gampang. Jadi mirip korupsi juga, lumayan makan energi, denyut jantung sudah dipastikan berada di atas rata-rata. Mabuk harta memang nadanya jedak jeduk, mengimbangi pusing pala berbi. Tapi itu awalnya saja, setelah itu jantung tenang. Karena mulai terbiasa. Jantung mulai beradaptasi dengan nutrisi tidak sehat, tidak meronta lagi. Mungkin jadi imun dari perasaan dosa. Penumpukan racun seperti itu sama saja dengan membuat cerita tua kita seru dengan penyakit jantung. Akibat sudah sering memaksa jantung bekerja dalam suasana was-was. Jadi kalau mau aktif di medsos seperti orang korupsi seperti itu sah sah saja. Ingin limpahan uang secara gampang tidak ada yg melarang. Toh di dunia yang penuh hak azasi ini segala hal bisa jadi komoditi.    Muter dulu Sempat bertanya ga, mengapa semakin orang ngerti dan mampu membeli makanan empat sehat lima s

Debat Capres Seperti Film Musikal

Debat capres memang keren, karena negara maju juga sudah lama melakukannya. Apakah diadakannnya debat capres memperlihatkan bahwa sebuah negara sudah maju? Tentu tidak, ya. Apalagi kalau sekedar mau ikut-ikutan, biar kita kelihatan tak ketinggalan kereta.  Yang ketinggalan kereta itu pacar, dalam film  "Pacar Ketinggalan Kereta" garapan sutradara Teguh Karya. Film Sebuah Pesta Film Pacar Ketinggalan Kereta sebenarnya bertema  soal cemburu yang menjalar kesana kemari lalu jadi masalah yang komplek. Tapi karena film yang diproduksi tahun 1989 ini film musikal, maka persoalan yang komplek itu jadi  happy ending. Permasalahan dalam film ini juga diawali dari pesta ulang tahun pernikahan seorang pengusaha kaya yang ke 25. Film musikal tentu menuntut setiap pemerannya tidak sekedar bisa akting tapi juga bisa menari dan menyanyi, agar film ini tetap gembira dan mengundang senyum. Sehingga persoalan cemburu yang kerap terdengar bisa mengundang kekerasan menjadi pudar. Penonton sepert