Skip to main content

Keputusan FIFA dan Puisi Bung Karno


keputusan+fifa+dan+puisi+bung+karno


Tulisan ini di publis saat Ganjar Pranowo dikecam sebagian publik terutama netizen karena menolak timnas sepakbola dari Israel untuk ikut kejuaraan dunia U-20 di Indonesia. Ganjar adalah kader PDI Perjuangan yang sekarang menjadi gubernur Jawa Tengah. Suami dari Siti Atiqoh Supriyanti ini adalah bakal calon presiden Indonesia dengan elektabilitas tertinggi menurut beberapa lembaga survey yang kredible.

Selain Ganjar Pranowo sebagai gubernur provinsi Jawa Tengah, I Wayan Koster gubernur provinsi Bali pun sama menolak keikutsertaan timnas Israel ikut kejuaraan dunia sepakbola U-20. 

Sebelum mereka beberapa kalangan masyarakat juga ada yang menyuarakan penolakan yang sama. Tercatat di media kompas antara lain : PDI P, PKS, PAN, MUI, BDS Indonesia, MER-C, KNPI, Persaudaraan Alumni 212. Lalu ketika akhirnya FIFA memutuskan mencabut kepanitian Indonesia dari piala sepakbola dunia usia 20, kedua gubernur itu dituding sebagai salahsatu penyebabnya.

Bila sudah digoreng oleh situasi politik, apalagi di tahun politik, maka semuanya menjadi bias. Cita-cita Indonesia merdeka dan amanat UUD 45 hanya jadi  penghias bangunan kebangsaan. Sportivitas FIFA sebagai lembaga tertinggi sepakbola dunia sepertinya lebih megah dari cita-cita kemanusiaan kita sebagai bangsa yang merdeka. 

Ketika kita lugu memisahkan kepentingan olahraga dengan politik. Mereka sudah lama mengubah mantra hegemoni dengan label sportivitas. Lalu dengan gagah mereka tempelkan label itu dikening bangsa yang sedang semena-mena menduduki tanah bangsa lain. Ketika mereka menjajah, kita sudah disihir jadi orang bodoh karena mau diadu domba. Ketika mereka pintar, kita sudah sadar kalau VOC sudah berubah nama jadi WTO. 

Pandemi seperti ini mirip kesurupan masal. Bedanya kita bukan kesurupan oleh penghuni batu atau pohon besar, tapi oleh globalisasi dan teknologi yang mereka kuasai. Minuman itulah yang mereka suguhkan. Bukan kopi pahit agar roh jahat yang sedang  menguasai kita kabur dahaganya.

Kita sekarang menunggu apakah mereka mampu menggali kuburan kemanusiaan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi canggih yang mereka temukan. Atau ilmu pengetahuan dan teknologi itu hanya di transfer sebagai dewa ke negeri seperti kita. Agar kita tetap ada di dunia tahayul.

Kita menunggu apakah FIFA  bisa bermain fairplay. Atau tetap pongah sebagai lembaga olahraga yang berotot sehingga sixpack seperti WTO.

Seandainya itu yang terjadi kita ingin mengingatkannya dengan beberarapa cukilan  pidato  presiden Jokowi yang disampaikan di depan para pemimpin ASEAN dan Uni Eropa, saat memberikan sambutan KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Justus Lipsius Atrium, Brussels: 

"Banyak perbedaan yang harus kita selesaikan".

"jika ASEAN dan Uni Eropa ingin membangun sebuah kemitraan yang baik, maka kemitraan harus didasarkan pada kesetaraan, tidak boleh ada pemaksaan".

"Tidak boleh lagi ada pihak yang selalu mendikte dan beranggapan bahwa my standard is better than yours".

"Dari pandemi dan krisis multidimensi yang kita hadapi saat ini, kita petik pelajaran penting bahwa tumbuh dan makmur bersama adalah satu-satunya pilihan. Kita tidak hanya harus maju bersama, namun juga harus maju setara".

Atau kita bacakan kembali puisi bapak pendiri bangsa ini, dari bukunya yang berjudul: Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat

Kami Bukan Bangsa yang Pandir

Ada sebabnya aku mengadakan perlawatan ini
aku ingin agar Indonesia dikenal orang
Aku ingin memperlihatkan kepada dunia
bagaimana rupa orang Indonesia

Aku ingin menyampaikan kepada dunia
bahwa kami bukan “Bangsa yang Pandir”
seperti orang Belanda berulang-ulang
mengatakan kepada kami

Bahwa kami bukan lagi
“Inlander goblok hanya baik untuk diludahi”
seperti Belanda mengatakan kepada kami berkali-kali

Bahwa kami bukan lagi
penduduk kelas kambing yang berjalan
menyuruk-nyuruk dengan memakai sarung dan ikat kepala
merangkak-rangkak seperti yang dikehendaki
oleh majikan-majikan kolonial di masa silam



Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h