Skip to main content

Belantara Tak Terkira, Sebuah Pesan Reformasi

belantara+tak+terkira+sebuah+pesan+reformasi

Reformasi yang  terjadi tanggal 21 Mei 1998 sudah lama berlalu. Dulu ketika gejolak perubahan itu mulai terasa, ada gairah dan perasaan gembira. Walaupun tidak ikut dalam gelombang demonstrasi yang dimotori mahasiswa, tapi terus mengikuti perkembangan berita dan berharap perubahan terjadi.  


Mengenang reformasi 1998

Entah tanggal berapa waktu itu. Anak yang kedua masih dalam gendongan dan anak pertama jalannya masih tertatih-tatih. Kami sekeluarga pulang dari kebun binatang Bandung melewati jalan ganesa, untuk mendapatkan angkot di simpang dago.

Diluar dugaan ternyata di jalan itu sudah berbaris ratusan mahasiswa ITB dan mahasiswa lain dengan mobil komando di depannya. Seorang mahasiswa di atas mobil komando memberikan aba-aba dan berteriak "reformasi", teman-temannya yang berbaris dibawahnya segera menyambut dengan teriakan yang sama dan kepalan tangan. 

Sambil menggendong si sulung abah memperhatikan mereka dengan bangga. Si sulung sempat bertanya, ada apa. Abah menceritakan secara singkat, lalu berpesan, kalau kelak nanti kuliah, jangan takut ikut demonstrasi untuk  memperjuangkan kepentingan rakyat seperti mereka. 

Si sulung sepertinya belum begitu mengerti, ketika kami tiba-tiba ikut dimasukkan kedalam barisan oleh beberapa mahasiswa yang merentangkan tali plastik pembatas antara mahasiswa yang berdemo dan masyarakat yang menonton. Seorang mahasiswi segera menyadarinya dan memperingati kawan-kawanya yang merentangkan tali. Kami dikeluarkan dari barisan mahasiswa dan tertawa bersama.   

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Suara yang bergema kompak dan terus diulang itu sampai saat ini juga masih diingat dan tetap terasa merinding. Wajah-wajah cerdas yang serius dengan jaket mahasiswa dan kantong gendong masih lekat dalam ingatan. 

Saat itu pemandangan demonstrasi menjadi jamak di media berita. Saling dorong mahasiswa dan aparat, Mahasiswa yang menolong kawannya, aparat yang terkapar, pembakaran-pembakaran dan lain sebagainya. Yang jelas keinginan adanya perubahan di negeri ini benar-benar dipercayakan kepada mahasiswa.

Tuntutan reformasi waktu itu dikenal dengan sebutan agenda reformasi 1998. Agenda itu adalah :
- Adili Soeharto dan pengikutnya. 
- Amandemen UUD 1945
- Otonomi daerah seluas-luas 
- Hapus dwi pungsi ABRI 
- Hapus korupsi. kolusi dan nepotisme 
- Tegakkan supremasi hukum 

Presiden Soeharto akhirnya lengser digantikan BJ Habibie. Empat mahasiswa: Hafidin Royan, Heri Hartanto, Elang Mulia Lemana, dan Hendriawan Sie gugur sebagai pahlawan reformasi. Mereka gugur pada tanggal 12 Mei 1998, ketika melakukan demonstrasi damai.

Reformasi Mei 1998 itu memang tidak seindah seperti kita mengenangnya sekarang. Gerakan reformasi 1998 itu sunguh berdarah-darah. Tidak mudah merubah birokrasi Indonesia yang sudah dikangkangi rezim refresif selama 32 tahun.


Reformasi dan penulis puisi

Saat itu korupsi, kolusi dan nepotisme sudah seperti mendarah daging. Masyarakat sudah kehilangan harapan menjadi lebih baik di masa datang. Pemerintah bukan pelayan rakyat tapi penguasa rakyat. Kebebasan yang merupakan salah satu kriteria negara demokrasi hampir lenyap ditekan kepentingan asal bapak senang. 

Masyarakat yang sudah kehilangan harapan berpuluh tahun itu selalu gamblang, mudah terprovokasi, eporia, dan bisa cepat merubah keadaan. Namun sangat lengah. Oleh sebab itu, sudah 25 tahun  reformasi berlalu, agenda reformasi jelas belum terlaksana semuanya.

Kebebasan yang tiba-tiba terbuka seperti mengagetkan. Seperti memberi makan orang yang sedang kelaparan. Mereka tak sempat merenung, bernafsu dan gampang emosian untuk siap saling cakar. Sementara ada yang sudah cukup kenyang untuk berpikir bagaimana merantai mereka dan berkuasa kembali. Masyarakat banyak yang eporia bisa lengah saat merasa menang, sementara segelintir lainnya sedang tiarap dan punya rencana besar. Revolusi mental tepat sebagai solusi. 

Nafsu sudah terbukti sebagai sang perusak, meski beralasan kebebasan sekalipun. Bahkan bisa mengatasnamakan tuhan. Sementara merenung begitu lamban bahkan dituding sang penakut. Padahal itulah kelebihan binatang berkaki dua yang dipercaya sebagai khalifah oleh Gusti Alloh. Perenungan paling tidak sudah melewati riset kegalauan antara ya dan tidak.

Bagi seorang penulis puisi kenangan dan kebenaran menjadi obsesi yang bergejolak. Dia bisa dituding berpihak pada satu kelompok yang dianggap salah atau tidak umum. Padahal dia sedang memperhatikan detil kehidupan dan menyelaminya. Dia bisa mengorbitkan perasaan yang mungkin dianggap remeh temeh. Lalu dia dianggap sebagai pembangkang. 

Mungkin ini yang dialami Chairil Anwar dan teman seangkatannya. Mereka kadung dalam penggunaan bahasa yang halus sebagai penyair , tapi gemas untuk menegaskan posisi kenyataan.

Mereka harus tetap menuliskannya.


Belantara Tak Terkira

Riuh rendah yang bersuara 
sama itu menjadi belantara tak terkira

Pemangsa dan yang dimangsa sama-sama meneriakkan reformasi

Lalu semak belukar perubahan menjadi dingding mengerikan

Disitu pemangsa mengintip,

bersalin rupa
berbulu ayam
berdasi
bersurban
bergincu
macho

Sibuk mengajarkan nyanyian,
bagimu negeri , jiwa raga kami

Iblis ini memperkosa demokrasi
Bahkan tak segan memperjual belikannya

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h