Skip to main content

Kreatifitas Film Searching, Missing Dan Virgo & The Sparklings


kreatifitas+film+searching+missing+dan+virgo+&+the+sparklings

Film searching tahun 2018 direkomendasikan ke abah oleh seorang mahasiswa sastra inggris. Kenapa film orang wara-wiri di depan komputer bisa menarik generasi milenial? Awalnya seperti bakal membosankan, apa serunya aksi film yang hanya memindahkan kesibukan berselancar di internet ke layar film? 

Tidak sesederhana itu, ferguso. Coba tonton  seperempat jam saja, perhatian kita akan mulai seperti  mendadak kesedot tak bisa dilepaskan dari layar.  

Sudah dari dulu kalau kreatifitas tak pernah bisa dibentengi keterbatasan atau keadaan. Dia seperti air mengalir, bisa merayap lewat celah sekecil apapun. Tidak heran kalau sekuel film searching yaitu film missing, di tahun 2023 ini direview dengan banyak pujian. Di film Searching David Kim (John Cho) kehilangan puterinya Margot Kim (Michele La), masa di sekuelnya David yang raib. Di film Missing June giliran Allen (Storm Reid) nyasar-nyasar kehilangan ibunya Grace Allen (Nia Long).

kreatifitas+film+searching+missing+dan+virgo+&+the+sparklings
Plot twisnya keren. Penonton digiring biar tersesat lalu dikasih kejutan. Endingnya tak usah mirip dengan apa yang mereka inginkan, agak beda tapi jangan terlalu jauh dengan ekspektasi mereka. 

Cerita cinderella yang legendaris itu punya track record yang bagus dalam mengaduk emosi penonton ini. Berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian atau sengsara membawa nikmat. Kisah-kisah seperti itu sangat menghibur bahkan memabukan, membuat penonton melotot berjam-jam. Bahkan menunggunya dengan harap-harap cemas. Mereka mau hiburan bukan hendak ditambah kepenatannnya mencari uang dan masalah kehidupan yang tak selesai-selesai. Kalau mereka merasa terhibur uang bukan masalah.


Kreatifitas demi cuan

Begitulah film searching akhirnya. Modal kira-kira 800 ribuan dolar pendapatannya menjadi sekitar 75 jutaan dolar.  Nilai peresisnya belum jelas. Tidak tahu kenapa situs-situs film yang dianggap "kredible" tidak pernah bisa seragam menyebut angka keuntungan dari sebuah film box office.  Padahal situs film bukan lembaga survey pemilu yang konon kabarnya ada yang dibayar untuk  memenangkan salah satu kontestan pemilu. Dan bukan pula laporan harta Rafael Alun, yang menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) berjumlah Rp56 miliar. Setelah diobok-obok KPK lantaran ulah anaknya Mario, harta kekayaanya bertiwikrama jadi sekitar Rp 2,5 triliiun. Kreatif bukan?

kreatifitas+film+searching+missing+dan+virgo+&+the+sparklings

Dua kasus kreatif yang berbeda, tapi yang jelas kreatif menjadi hal yang tak biasa namun hasilnya luar biasa. Cuan 75 juta dolar yang dirauf film searching dan Rp 2,5 triliun yang diperoleh 
Rafael Alun itu luar biasa. Yang satu tak biasanya film dengan budget rendah bisa box office dan yang lainnya bisa ngakalin pajak sampai lembaga anti rasuah se Indonesia raya baru  menemukan kejanggalannya saja. 

Kreatif itu sebuah seni. Apakah seni kreatif ranahnya cuma di dunia film? Tentu jawabannya  serempak, jangan penjarakan seni kreatif menjadi properti pribadi. Seni perang saja membutuhkan kreatifitas. Bahkan seni menteror ada istilah kawin dengan bom. Sampah peradaban juga kreatif.


Kalau kreatifitas idenya rerata

Yang jelas kalau sebuah kreatifitas idenya rerata, pada umumnya, tentu pendapatannya UMR saja. Film Missing tayang di amerika lebih dulu, di bulan Januari 2023. Jadi sejak mulai diputar tanggal 22 Pebruari 2023 di Indonesia sudah menghasilkan USD 30 juta dari biaya produksi USD 7 juta. Terbayang kalau nanti turun layar di Indonesia keuntungannya akan berapa. Film Missing Sampai hari ini masih bertahan di bioskop Indonesia .

kreatifitas+film+searching+missing+dan+virgo+&+the+sparklings


Ini memang tidak biasa, karena film Virgo and The Sparklings hanya mampu bertahan 8 hari di bioskop pada bulan Maret. Atau Film Virgo and The Sparklings yang tidak biasa, melawan arus film horor Indonesia yang terus menguasai bioskop. Padahal Riani (Adhisty Zahra), tokoh utama di film Virgo and The Sparklings, sudah berpayah-payah menyelamatkan dunia. Tangannya yang bisa mengeluarkan api begitu luar biasa. Indonesia sudah terus beranjak menggarap film dengan bantuan effect CGI (Computer Generated Imagery). Mungkin Riani bebannya terlalu berat sebagai anak remaja. Tapi filmnya lebih berat lagi, mengingat sineas Indonesia seperti masih tidak biasa menggarap film seperti ini.

Tapi Film Missing banyak disebut sebagai sekuel film Searching, sebenarnya juga tidak biasa. Bukankah sekuel artinya kelanjutan dari sebuah cerita  film dengan tokoh-tokoh yang sama? Lha ini standalone sequel. Ya, sudah. Mau disebut sekuel-sekuelan juga tidak soal.

Kreatifitas memang tidak biasa.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h