Skip to main content

Mengapa Pendapatan Film Avatar 1 Lebih Besar Dari Film Avatar 2


mengapa+film+avatar+1+lebih+besar+dari+film+avatar+2

Film avatar yang pertama gegap gempita dengan filosofi kehidupan. Mulai dari keyakinan adanya tanda-tanda alam mengenai orang terpilih, memburu binatang hanya seperlunya saja, menyoal  hidup sebagai titipan, sampai adanya konektivitas besar sesama mahluk oleh eywa yang agung. Pesan-pesan kehidupan ini kalau dibicarakan lewat diskusi di majlis atau pun di warung kopi, niscaya akan membosankan. Walaupun tujuan pembicaraan seperti itu untuk menjawab persoalan hidup demi kebahagiaan hidup yang diimpikan.


Pandora menjadi kambing hitam 

Film avatar 1 menjadi salah satu ide yang jenius untuk membicarakan perihal menjemukan itu lewat tontonan menarik. Sehingga memberi gambaran bagaimana alam semesta beserta isinya terkoneksi lalu menjadi motivasi kehidupan. Benar film itu sebuah hayalan, tapi hayalan yang mampu divisualisasikan dengan impian sepertinya identik atau malah kembar siam. Paling tidak film avatar memberi contoh bagaimana sesuatu hal yang menjemukan menjadi ide meraup cuan jutaan dolar. Apalagi kalau kita menyoal minat baca yang sudah lama begitu fakir, sehingga kekhawatiran itu membuat kita amnesia, kalau melihat atau memperhatikan  juga adalah  membaca, karena ada bacaan yang tersurat dan yang tersirat.

Film avatar 1 seperti bertutur tentang dunia yang sudah sedemikian materialistis dan digitalis,  sampai teknologinya bisa memindahkan nyawa dari satu wujud ke wujud yang lain. Karena nyawa ternyata bisa diprogram, terlalu gegabah kalau mencari bahan tambang di negara berkembang yang ada di dunia. Negara-negara ini sampai sekarang masih yakin, kalau nyawa bukan barang digital. Jadi lebih untung mereka dikapitalisasi untuk membeli karcis bioskop agar tak tersinggung keyakinannya.


mengapa+film+avatar+1+lebih+besar+dari+film+avatar+2


Walhasil para kapitalis memilih mencari planet lain bernama pandora. Bahan tambangnya juga baru kita kenal di film avatar bernama ubtonium. Tapi  nafsu kolonial mereka terjegal oleh para pemodal yang humanis. Opsinya mereka membuat wujud avatar yang menyerupai orang-orang  pandora untuk melakukan infiltrasi, agar penduduk pandora yang berada di atas tanah berkandungan ubtonium bisa diprovokasi, biar mau pindah ke tempat lain. Sayangnya operasi beraroma hak azasi manusia itu diangggap gagal. Target perusahaan tak bisa dikejar oleh  para humanis, yang baru saja mendapat bebas bersarat dari kaum humanisme pemilik saham.

Maka disinilah terjadi hal biasa yang selalu membuat penonton terharu biru dan mendadak heroik. Drama terzalimi memang adegan paling gereget, malah diisukan bisa jadi trend untuk menaikkan elektabilitas. Tentara kapitalis dengan senjatanya yang canggih nan pongah menyerang penduduk pandora yang kepedean dengan tombak dan panahnya. Adegan makin seru ketika  salah seorang avatar malah berbelot memihak pandora.


Jake Sully desertir yang gegar spiritual

Desertir itu tidak tiba-tiba hijrah. Disamping nyawanya sudah dipindah ke dalam avatar berekor, dia juga mengalami gegar spiritual. Bagaimana tidak, di duniannya segala hal terhubung dengan mekanisme yang jelas. Realitas satu-satunya adalah materi dan segala sesuatu merupakan manifestasi dari aktivitas materi. Sedangkan di pandora paham materialisme seperti itu tidak perlu dipatahkan filsuf sekelas Epikuros atau Karl Marx. Masyarakat pandora yang setengah telanjang dan masih berekor  itu, sudah terhubung dengan seluruh makhluk di pandora dengan perantaraan eywa yang agung dan ghoib tanpa harus menggunakan internet. Sang desertir dengan wujud penduduk pandora, bukan hanya menyaksikan bukti konektivitas itu, melainkan dia sendiri merasakan kehadiran eywa dalam dirinya.

mengapa+film+avatar+1+lebih+besar+dari+film+avatar+2


Jake Sully memohon bantuan eywa untuk menyelamatkan pandora. Tapi eywa tidak menerima permohonan untuk berpihak, dia dzat yang maha adil. Itulah makanya ketika penduduk planet pandora sudah babak belur dan hampir kalah melawan kaum materialistis dari planet bumi, barulah eywa menjawab. Seluruh makhluk di pandora tiba-tiba seperti satu komando, satu bahasa, mereka turut menyerbu membantu penduduk pandora untuk menghentikan ketidakadilan, ketidakseimbangan akibat keserakahan pencarian nilai materi.


Film avatar 2 di balik bilik privasi

Avatar 1 film heroik dengan hayalan tumbuhan dan hewan yang unik. Kita mungkin tidak sadar mengapa kita terhibur dengan film ini. Apakah oleh keanehan kehidupan di planet pandora atau kreatifitas sineasnya? Atau ada sesuatu yang tidak berbahasa namun kita sepakat dengan tema film itu. Bahwa kita bisa merasakan, kehidupan tidak hanya  realitas yang dibatasi materi, tapi ada konektivitas besar antar makhluk dan terjaga dalam keseimbangan.

mengapa+film+avatar+1+lebih+besar+dari+film+avatar+2


Avatar 1 telah berhasil menjadi penghubung penduduk bumi dengan masyarakat pandora. Menggeliatkan filosofi hidup dalam tontonan yang berbincang mengenai kehidupan penuh gairah. Ketika film ini berhasil merauf pendapatan sekitar Rp 40 triliun di bioskop, maka jelas sekian ribu orang dari berbagai bangsa telah  tergerak dengan gairah yang sama. Kabarnya sekuel film avatar  The Way of Water, meski tetap box office, belum bisa mengejar pendapatan avatar1. Kalau itu benar, mungkin avatar 2 tidak lagi memperbincangkan   filosofi hidup mendasar dari makhluk hidup. Avatar 2 sibuk mengurus keluarga yang terjebak dendam dan memikirkan keunikan hidup di lautan pandora. Sehingga tidak terkoneksi secara global, karena yang diperbincangkan di film avatar 2 biasanya terkunci rapat di balik bilik privasi.


Ramah lingkungan dan industri hijau

Dalam kenyataannya penduduk bumi sedang tidak lengah. Energi ramah lingkungan bukan lagi hanya sekedar pembicaraan. Istilah ramah lingkungan dan industri hijau sedang berpacu. Dua isu yang diramaikan oleh negara-negara yang selama ini kita anggap maju dan menjadi polisi dunia.  Apa lagi artinya semua itu, selain manusia sedang mulai mengerti  adanya konektivitas besar dengan seluruh makhluk  di planetnya. Bahkan dengan seluruh alam semesta, dengan kesadaran agar bisa membangun kehidupan yang lebih baik di masa datang.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h