Skip to main content

Debat Capres Seperti Film Musikal


Debat capres memang keren, karena negara maju juga sudah lama melakukannya. Apakah diadakannnya debat capres memperlihatkan bahwa sebuah negara sudah maju? Tentu tidak, ya. Apalagi kalau sekedar mau ikut-ikutan, biar kita kelihatan tak ketinggalan kereta. 

Yang ketinggalan kereta itu pacar, dalam film "Pacar Ketinggalan Kereta" garapan sutradara Teguh Karya.

Film Sebuah Pesta

Film Pacar Ketinggalan Kereta sebenarnya bertema  soal cemburu yang menjalar kesana kemari lalu jadi masalah yang komplek. Tapi karena film yang diproduksi tahun 1989 ini film musikal, maka persoalan yang komplek itu jadi happy ending.

Permasalahan dalam film ini juga diawali dari pesta ulang tahun pernikahan seorang pengusaha kaya yang ke 25. Film musikal tentu menuntut setiap pemerannya tidak sekedar bisa akting tapi juga bisa menari dan menyanyi, agar film ini tetap gembira dan mengundang senyum. Sehingga persoalan cemburu yang kerap terdengar bisa mengundang kekerasan menjadi pudar. Penonton seperti diberi penjelasan, ini cuma sekedar film. 

debat+capres+seperti+film+musikal

Jadi film Pacar Ketinggalan Kereta diawali dengan pesta lalu menuai persoalan dan berakhir dengan gembira. Malah di akhir cerita ada pesan moral yang cukup jenaka, "
SEKIAN. Film ini seluruhnya buatan dalam negeri".

Film itu sendiri bukan budaya Indonesia. Film pertama di dunia dengan judul "Workers Leaving the Lumière's Factory" diputar di Boulevard des Capucines, Paris, Prancis dengan  pada tanggal 28 Desember 1895. Kemudian yang paling gila film adalah Amerika dengan Hollywood nya. Maka Eropa dan Amerika layak menyebut kalau film adalah budaya mereka.  Tapi sepertinya mereka lebih suka menyebut film sebagai budaya modern. 

Klaim budaya film adalah budaya barat, Eropa dan Amerika, tak menguntungkan pasar global, lebih baik dieksport dilkasih label budaya modern. Jadi klop dengan sebutan negara maju. Setuju atau tidak, bila sudah ada sebutan negara maju maka negara yang merasa belum maju akan segera menyamakan kedudukannya dengan negara maju. "Tuturut munding", kata urang sunda mah. Ikut trend dulu perkara yang lain belakangan.

Kabarnya perilaku ikut-ikutan itu kelakuan bangsa arab ketika masih jahiliyah. Negara adidaya saat itu Persia dan Romawi sangat berpengaruh pada tabiat dan budaya orang arab. Maka ketika cahaya Islam muncul di tanah tandus ini, bukan sekedar merubah agama, tapi cahaya itu membangun kepercayaan diri bangsa arab.


Debat Capres Bukan Budaya Indonesia

Repot juga harus meniru-niru negara maju, apalagi kalau harus mengeluarkan biaya tambahan hanya sekedar untuk sebuah pesta. Tapi apa daya ini pesta demokrasi. Nanti saja di akhir debat capres, jangan lupa menggosok gigi untuk menyampaikan kata akhir "SEKIAN. Debat capres ini pesertanya buatan dalam negeri". 

Indonesia tercinta yang sekarang sedang sibuk menyiapkan pemilu ini, sudah tak bisa digugat berketuhanan yang maha esa. Tertera jelas pada dasar negara Pancasila yang diyakini sebagai hasil galian asli dari budaya Indonesia. Pancasila sudah menjadi ideologi bangsa Indonesia. Negara maju tak mau menggali di daerah itu.

Mereka tergopoh gopoh ikut menggali kalau kita menggali tanah. Mereka hapal harga emas, nikel, bauksit, timah, aspal dan lain sebagainya. Sedang kita sudah lama tidak menghapal, cukup bangga saja kalau negeri ini laksana zamrud Khatulistiwa.

Sepertinya kita dibiarkan menggali di tempat lain. Demokrasi Pancasila yang sempat terdengar lirih tak menarik hati negara maju. Mereka pikir kalau masih ada sebutan demokrasi tidak usah dikhawatirkan, walaupun bangsa Indonesia menggalinya sampai ke dasar bumi. Demokrasi sudah lama diketemukan di Yunani sekian puluh abad yang lalu. Eropa dan Amerika sudah lama bangga dengan penemuan itu. Demokrasi sudah menjadi komoditi non migas.

Buktinya negara Pancasila sekarang sedang meniru negara maju, ramai menggelar debat capres  menjelang pemilu. Tidak ada yang sadar kalau demokrasi pancasila sudah tidak terdengar lagi, terkubur tanah galian negara maju yang bernama demokrasi liberal.

Lalu mengharap cahaya darimana lagi, agar bangsa besar ini percaya diri? Tidak rame atuh, brow, setiap bangsa harus berseragam liberal mah. Apa namanya kalau budaya yang kita pakai bukan kpribadian kita? Tanah dan air sudah lepas dari penjajahan. Nikel sudah mulai melepaskan diri. Kenapa pula kita rela membiarkan kepribadian kita dijajah?


Ketuhanan Yang Maha Esa Tak Bisa dikubur

Jadi ingat jawaban Bapak Presiden Jokowi ketika ditanya soal kebebasan berbicara yang masih kurang, oleh bang Karni, dalam acara Wawancara Khusus Presiden Jokowi Bersama Karni Ilyas: Demokrasi Indonesia, di tvone satu tahun yang lalu. 

"Ah, kebebasan apa yang masih kurang? Orang memaki-maki presiden, orang menghina presiden, orang mengejek presiden, orang mencemooh presiden juga tiap hari kita dengar, orang mendungu-dungukan presiden kita dengar dan kita lihat. Biasa aja, mau seperti apa lagi yang kita inginkan? Demokrasi yang sangat liberal menurut saya. Meskipun kita ini orang timur yang penuh dengan kesantunan, yang penuh dengan etika dan tatakrama yang baik. Tapi sekarang ini kita sudah, menurut saya, sudah liberal sekali".

Tentu kalau debat capres diisi dengan mengungkapkan gagasan, walau saling bertanya seperti menohok dengan senyum yang dipaksakan, tetap masih ada etika dan tatakrama. Meski kelihatan formalitas, masih mending tidak saling mencemooh, mengejek dan mendungu-dungukan yang lainnya. Mereka tiga putera terbaik bangsa bukan gerombolan orang yang suka mencemooh, mengejek dan mendungu-dungukan orang lain.

debat+capres+seperti+film+musikal

Mungkin kedepan biar tidak tegang, mereka disuruh menyanyi dan menari juga. Sementara simpatisan masing-masing yang dihadirkan di studio jadi penari latarnya. Biar masyarakat Indonesia seperti diberi penjelasan, kalau ini sekedar drama politik bukan latihan perang-perangan.  

Karena walaupun misalnya ketiga capres mengeluarkan kata-kata menghina atau merendahkan satu sama lainnya seperti setan, tidak akan bisa mengubur tuhan yang ada di setiap diri mereka masing-masing. Biarpun Dia sekedar tersirat dalam senyum yang  formalitas di wajah mereka.

Ketuhanan yang maha esa nyata dalam setiap diri.

Dan dia selalu gembira.

Semoga.


Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h