Skip to main content

Arti Mimpi

arti+mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan. 

Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya setelah bermimipi dapat ikan, lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna?

Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap. 

Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot kita diam, sel-sel tubuh punya waktu santai untuk menimbun energi agar siap saat sang tuan harus beraktifitas kembali. Makanya kita merasa segar ketika bangun tidur.


Mimpi Bagian Fase Tidur 

Kebanyakan kita percaya bahwa tidur adalah aktivitas pasif yang membuat tubuh dan otak tidak aktif. Berbeda dengan tanggapan  John Peever, direktur Laboratorium Neurobiologi Sistem di Universitas Toronto, dan Brian J. Murray, direktur laboratorium tidur di Pusat Ilmu Kesehatan Sunnybrook. Mereka  menanggapi, ternyata tidur adalah periode di mana otak terlibat dalam sejumlah aktivitas yang diperlukan untuk hidup, terkait erat dengan  kualitas  hidup.

Mungkin kita pernah memperhatikan orang lain tertidur dengan kelopak mata yang kedutan seolah bola mata dibalik kelopak itu sedang bergerak gerak cepat. Pada tahun 1953 hal Itu dideskripsikan oleh seorang mahasiswa pasca sarjana Fisiologi Universitas Chicago bernama Eugene Aserinsky sebagai fase tidur REM (Ravid Eye Movement), tidur dengan gerakan mata cepat.

Penelitian seperti ini tentunya tidak bisa terlepas dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Eugene Aserinsky sendiri memulai penelitiannya dengan menggunakan mesin gelombang otak kuno, Offner Dynograph, yang disambungkan kepada anaknya.

Para peneliti kemudian melakukan pemeriksaan aktivitas tidur dengan alat electroencephalography (EEG) yang bisa memberikan tanda gelombang listrik yang jelas seperti percobaan yang dilakukan oleh Dr. William Charles Dement, seorang peneliti tidur Amerika dan pendiri Pusat Penelitian Tidur di Universitas Stanford.
 
arti+mimpi

Dari pemeriksaan gelombang listrik itu para peneliti mendeskripsikan, pada fase tidur REM, sebagian besar tubuh kita bekerja peresis seperti saat kita bangun. Oleh karena ketika tidur REM kita mengalami kehilangan otot untuk sementara, maka  mata kita tertutup. Hipotesis para peneliti mengungkapkan bahwa ini adalah tindakan perlindungan, agar kita tidak mewujudkan impian yang bisa melukai diri sendiri. 

Percobaan Dr. William Charles Dement mengungkapkan orang yang dibangunkan setelah tidur REM bisa menceritakan mimpinya secara lengkap. Bahkan sekarang para ilmuwan mengetahui, bahwa kita dapat mengalami mimpi selama tahap tidur non REM. Walaupun mimpinya acak tidak selengkap ketika kita tidur REM.


Mimpi Buruk

Tidur adalah bagian kehidupan kita yang tidak bisa disepelekan. Seperti yang ditunjukkan oleh para peneliti di atas, tidur ternyata merupakan aktivitas  kompleks yang dihasilkan otak.

Otak menghasilkan dua jenis tidur yang berbeda. Satu, tidur gerakan mata cepat REM, yang disebut tidur bermimpi secara berkala. Dua, tidur gelombang lambat SWS, yang dikenal sebagai tidur nyenyak. Jenis tidur SWS adalah bagian besar pola tidur yang kita lakukan.  Tidur ini ditandai dengan gelombang otak yang besar tapi lambat, otot-otot menjadi rileks, pernapasan melambat dan dalam. hal ini membantu otak dan tubuh memulihkan dirinya sendiri setelah melakukan ativitas.

Fungsi tidur bisa kita rasakan sendiri setelah bangun. Kita merasa segar dan siap beraktivitas. Tidur memberi energi kembali pada sel-sel tubuh, menyapu limbah dari otak, serta mendukung pembelajaran dan ingatan. Dengan begitu  suasana hati menjadi nyaman, memunculkan nafsu makan bahkan libido.

Menurut  para peneliti, sekelompok kecil sel di batang otak, yang disebut inti subcoeruleus, mengontrol tidur REM. Apabila sel-sel ini terluka atau terkena penyakit maka tidur Rem kita mengalami mimpi yang kasar. 

Ini menyimpulkan kalau mimpi lebih menggambarkan kesehatan tubuh kita ketimbang punya arti ramalan.

Mata kita tertutup oleh kelopak mata saat tidur, barangkali tetap melihat kedalam. Rentetan kegiatan yang sudah terekam sedang disimpan dan diperbaiki atau diedit dalam otak kita. Maka gambar-gambar itu kerap jelas sesuai gairah kita, tapi terkadang juga sepotong-potong. Kejadian demi kejadian banyak yang aneh dan tiba-tiba meloncat ke kejadian lain. 

Begitulah mimpi, lebih merupakan gambaran keadaan kita bukan keadan di masa datang. Walaupun mimpi masih menjadi misteri besar, namun mempelajari hal-hal yang berkaitan dengannya telah menjadi manfaat besar bagi manusia. Terutama keilmuan mengenai gangguan tidur yang sekarang ini banyak menjadi keluhan.

arti+mimpi

Dr. William Charles Dement membuka klinik tidur di sebuah apartemen di Manhattan, New York. Disana dia menemukan bahwa tidur REM yang tidak normal merupakan gejala narkolepsi, gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk di siang hari dan serangan tidur yang tiba-tiba.

Sebuah temuan yang kemudian mengarah pada penciptaan tes latensi tidur ganda (MSLT) sebagai alat diagnostik standar untuk narkolepsi. Di Universitas Stanford, tempat ia menghabiskan seluruh karirnya , Dement membuka salah satu klinik gangguan tidur pertama di dunia pada tahun 1970.

Pada tahun 1975 Dr. William Charles Dement berperan penting ketika mendirikan Asosiasi Pusat Gangguan Tidur, yang kemudian menjadi American Academy of Sleep Medicine (AASM). Beliau menjabat sebagai presiden di AASM  selama 12 tahun. Di bawah kepemimpinannya organisasi tersebut mendirikan praktik pengobatan tidur melalui pengembangan standar untuk evaluasi dan pengobatan gangguan tidur, klasifikasi diagnostik standar, dan proses ujian untuk spesialis pengobatan tidur.


Hewan Juga Bermimpi

Ini bukan tahayul walau buktinya berupa penelitian yang membandingkan pola aktifitas otak manusia dan hewan saat tertidur. Hewan juga menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur. Perilaku yang hampir sama dengan manusia.

Begitupun pada fase tidur REM, pola gelombang kelistrikan pada manusia ternyata sama dengan yang terjadi pada hewan. Selain ditandai dengan gerakan mata yang cepat, hewan juga mengalami kelumpuhan otot rangka sementara, tubuh berkedut secara berkala, dan peningkatan aktivitas otak, pernapasan, serta detak jantung. Ini terjadi pada mamalia lain seperti, tikus, kuda, domba, armadillo dan lain-lain.

Kita bisa mengamati hewan peliharaan kita seperti kucing dan anjing. Mereka sering kita perhatikan tiba-tiba mengeong dan menggonggong atau secara mendadak mengubah posisi tidurnya.

Dr. David M. Pena Guzman, yang mempelajari filsafat sains di San Francisco State University, mengatakan “Saya pikir bermimpi memberi kita cara untuk memperluas sejumlah kapasitas kognitif pada hewan. Itu mencakup hal-hal seperti emosi, ingatan, dan bahkan imajinasi”.

Kognitif adalah bagaimana seorang mampu beradaptasi dan mempelajari suatu objek serta kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya.

Namun yang masih jadi pertanyaan apa yang diimpikan hewan? Kalau bisa bahasa hewan seperti Dr Dollitle boleh mencoba bertanya pada hewan yang sudah bermimpi, apa dia meramalkan sesuatu juga setelah bermimpi?



 


 

Comments

denikomunika said…
siiip euy...lanjutkan

Popular posts from this blog

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h