Skip to main content

Hadiah Persahabatan

tempat +matahari+bertahta+watawa+saubil+haqqi+wa+tawaa+saubis+sabr
Pepatah Tiongkok mengatakan, mempunyai sahabat seribu saja terlalu sedikit namun mempunyai musuh satu saja terlalu banyak.

Manusia adalah makhluk sosial, kata Aristoteles, filsuf yang hidup 384- 322 sebelum masehi. Sudah sedemikian lama manusia mengenal dirinya sebagai makhluk sosial. 

Mungkin sudah pada lupa hingga diingatkan lagi oleh Kamus Besar Bahasa Indosia( KBBI), bahwa makhluk sosial adalah manusia yang berhubungan timbal balik dengan manusia lain.
   

Persahabatan Dalam Politik

Bukan kebetulan tulisan ini digali lagi dari kuburan blog tahun 2016 bertepatan dengan bebasnya seorang tokoh politik kawakan yang dibesarkan Himpunan Mahasiswa Islam( HMI) dari Lapas Sukamiskin, Anas Urbaningrum. 

Begitu serunya ingatan kita ketika mengikuti persidangannya dulu. Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas, begitulah katanya, ketika dia masih jadi ketua umum partai Demokrat dan mulai terseret korupsi di Hambalang.   

Kariernya yang sedang di puncak dan kebesaran partainya yang sedang berkuasa sepertinya meyakinkan kalau dia bisa tidak terlibat kasus Hambalang. Namun kenyataan berbicara lain, Anas dijatuhi hukuman 8 tahun penjara. 

Aroma dikhianati kawan merebak di media berita. Begitupun ketika dia resmi bebas selasa 11 April 2023, aroma itu digoreng terus oleh beberapa media sosial.   

Persahabatan ataupun persaudaraan bisa jadi rumit, ketika lama berpisah. Bisa jadi semuanya tak ada yang sama lagi. Hal yang alami sekali, karena keragaman tak berarti beda tujuan. 

Kuncinya tetap berani saling menyelami dan tidak merasa lebih unggul. Betapapun jeleknya sebuah penampakan di alam semesta ini tetaplah punya tujuan. Sebuah rencana gaib yang tak bisa secara sembrono kita menudingnya sebagai sebuah kelalaian.   

Yang harus di cermati adalah tetap adanya koridor, etika yang membuat persahabatan dan persaudaraan saling menghormati dan menghargai. Itulah ciri khas hubungan manusia yang membedakannya dengan hewan. Biasanya alasan kebebasan yang membuat hubungan jadi tak jelas. Karena kerap kali kita masih bingung dengan arti kebebasan itu sendiri.   


Kitab Suci Tentang Persahabatan

Setiap kita, setiap mahluk punya tujuan penciptaan. Oleh karena itu menerima kehadirannya adalah kebajikan yang tiada terkira. Perbedaan yang ujungnya saling menjelekkan bukan saja tak berguna tetapi sedang intens merusak tujuan penciptaan alam semesta. 

Kebaikan bisa punya nilai tentu saja karena kejelekanpun bernilai.   Tapi bisakah filosofi" watawa saubil haqqi wa tawaa saubis sabr" ini kita praktekan di dunia politik? 

Idealnya di negeri Pancasila ini bisa, karena Ketuhanan menjadi dasar pertama dari kokohnya dasar negara republik ini. Ketuhanan bukanlah sesuatu yang dikarang untuk formalitas berdirinya negara Indonesia, tapi sebuah kesadaran yang sudah bersemayam ketika kita mulai bergerak di dalam rahim.   

Maka ketika kita lahir disebut musafir, seorang pengembara. Sebuah perlawatan ke setiap tempat dan kejadian  agar ketuhanan kita berkilau dan bertiwikrama menjadi makhluk sosial. 

Apakah ada kitab suci yang menganjurkan permusuhan?

Semua kitab suci menyoal ketuhanan yang menghidupkan setiap makhluk. Sifat-sifat tuhan yang berada  di semua makhluk itu tak bisa kita tuliskan secara tepat. Namun bisa kita rasakan begitu akurat manakala yang lainnya terluka.


Kutipan Persahabatan Sejati

Menurut penduduk planet pandora di film Avatar, orang dilahirkan dua kali. Kelahiran kedua ketika orang itu mendapatkan tempat di masyarakat selamanya.   

Nafsu berkuasa adalah ujian tertinggi yang akan dijumpai makhluk tuhan saat kelahiran keduanya sebagai Khalifah di muka bumi.   Al- Ghazali membagi empat macam keinginan atau nafsu untuk berkuasa.  

1. Penaklukan, nafsu dengan keinginan berkuasa atas wilayah bukan miliknya. Penaklukan jelas bisa dengan kekuatan. seperti yang paling langgeng dan pernah dirasakan Indonesia oleh VOC Belanda selama 350 tahun.

Penaklukan yang paling latin dengan ilmu pengetahuan. Betapapun sucinya ilmu pengetahuan dia bisa lugu digunakan untuk berkuasa. 

Ramah lingkungan seperti penemuan hebat negara maju. Maka ketika negara berkembang, yang rata-rata bekas jajahan, punya perilaku budaya seperti itu sejak dulu disebutlah "Kearifan Lokal".

2. Berkuasa, kadang nafsu seperti ini tidak melulu dengan wilayah yang luas atau jumlah orang lain yang banyak. Kawan sejalan bisa jadi ladang pertama untuk ditundukkan dibawah kekuasaannya.

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) hari-hari ini sering muncul sebagai berita. Banyak yang terpendam karena seringkali bias dengan keyakinan agama soal istri yang harus taat pada suami.

Gagal menguasai wilayah secara intelek dengan gelar pendidikan, bisa dengan gaya freeman membuat gank yang menakut-nakuti.  

3. Ingin Diistimewakan. Ingin dianggap sebagai orang yang  mempunyai hak- hak istimewa dalam berbagai hal.  

4. Maha Kuasa, Keinginan kita untuk menguasai segalanya adalah sekedar nafsu. Raga kita benar-benar terbatas sehingga tak bisa melakukan pekerjaan tuhan itu.

Kekuasaan tuhan hanya bisa ditanggung bersama oleh semua makhluk. Itulah sebabnya persaingan tak memberi keuntungan sama sekali kecuali membinasakan kehidupan. 

Seandainya manusia bisa lolos dari ke empat nafsu itu, kekuasaannya bukan sekedar jadi ketua umum partai atau presiden tapi jauh lebih besar dari itu.   

Kekuasaan besar karena dilakukan bersama dengan semua sahabat hidup, makhluk apapun itu.


Persahabatan yang Sehat

Tiba-tiba saja ada istilah persahabatan yang sehat. Tapi barangkali maksudnya tentu bukan orang yang sakit bersahabat karena sama-sama sakit. Itu lebih merupakan sama-sama merasa teraniaya.

Persahabatan antara orang yang sehat dan yang sedang sakit punya nilai yang berbeda. Kemanusiaan seperti itu menjadi variable keyakinan kalau keberagaman tak bisa ditolak. Persahabatan yang sehat tentunya memahami ini dengan baik.

Kalau persahabatan yang sehat hanya sekedar punya minat dan kesakitan yang sama, nilai apa yang bisa dicapai dengan persahabatan seperti itu, selain di waktu tertentu akan bubar.

 
Tempat Matahari Bertahta

Kita pernah membicarakan Garuda 
yang lantang berbicara dengan matahari,
kita sama-sama membasuh luka di wadah Sang Pertapa

Lalu kau bertanya, Kemana bila ku dahaga
Jawabku, pergilah ke tata surya, tempat matahari bertahta


    






Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be