Skip to main content

Cinta di Titik-titik Salju: Khalifah yang Bertapa

 
cinta+di titik-titik+salju+khalifah+yang+bertapa

Teori Big Bang adalah teori penciptaan alam semesta yang mulai dipopulerkan tahun 1927 oleh George Lemaitre menyimpulkan, kalau alam semesta berasal dari satu wujud. Kemudian terpisah-pisah karena dentuman raksasa. Maka terbentuklah berbagai galaxi yang terdiri dari matahari, planet dan bulan. Kesimpulan fisikawan Stephen hawking mengenai teori bigbang menunjukkan, bahwa segalanya tidak menciut menjadi satu titik melainkan berjalan begitu saja.
 
Teori The Expanding Universe, bahwa alam semesta senantiasa mengembang dan berekspansi telah dibuktikan oleh penelitian Hubble (1929). Nampaknya pembicaraan tentang alam semesta optimis, kalau penciptaan mempunyai gerakan yang dinamis. Bukankah sifat tuhan yang dijelaskan kitab suci jelas disini? Menciptakan dan menyempurnakan.
 
Sampai detil terkecil mahluk di alam semesta ini terlihat mengalami hal yang serupa. Disadari atau tidak setiap yang diciptakan mengalami perubahan menuju sempurna. Meski itu harus mengambil jalan yang rumit atau sama sekali seperti diam. Anehnya keyakinan kita tak memberikan data apapun kecuali pesimis melihat perkembangan yang sedang terjadi.
 
Contohnya tentang dajjal, mahluk bermata satu yang akan naik panggung ketika akhir zaman. Sebagian kita malah menyebut kehadiranya sebagai tanda-tanda kiamat. Bahkan ada yang yakin dan menunggu mahluk bermata satu itu hadir.
 
Mengapa ketika kita mengalami kemajuan dalam segala bidang kehidupan dengan berbagai eksesnya, kita malah pesimis dan berprasangka buruk kalau bumi akan kiamat? Tidak kah kita ingin melihat kerajaan tuhan menjelma di bumi ini?
 
Bisakah kita merajut surga di akhirat dengan sikap pesimis? Atau kita mencoba berfikir berbeda, kalau surga di akhirat adalah refleksi dari surga yang bisa kita bangun di alam fana ini. Sehingga kita segel aja, kalau kita tak bisa membangun surga di bumi ini berarti kita pun tak mampu membangun surga di akhirat.
 
Apapun yang kita yakini alam semesta tetap berkembang. Tuhan tetap menciptakan dan menyempurnakan. Apalagi menyangkut mahluk berkaki dua yang disebut manusia. Gelar khalifah telah sejak nabi adam dinisbatkan tuhan kepadanya. Sejak nabi adam hanya mengetahui nama-nama dan menutup auratnya dengan dedaunan.
 
Secara mentalitas manusiapun tumbuh. Keberanian seperti menemukan kekuatannya ketika usia terus bertambah. Pergulatannya dengan hidup adalah pelatihan mentalnya. Dia tidak lagi imut-imut dalam menjaga image. Dia bahkan berubah menjadi mahluk yang tanpa tedeng aling-aling untuk membuka seluruh isi hatinya yang sempat terpendam ketika muda. Romo Mangun Wijaya pernah membuat kesimpulan, kalau orang Indonesia semakin tua semakin bijaksana.
 
Penulis The Social Psychology of Attraction and Romantic Relationships, Profesor Madeleine Fugere memberikan bukti ilmiahnya, mengapa pria lebih tua dianggap menarik. Ini menunjukkan fenomena psikologis dan evolusioner*. Bukan hanya klise budaya.
 
Dinamika seperti ini sangat mengusik untuk dijadikan catatan kaki puisi di bawah ini,
 
 
Cinta di Titik-titik Salju
 
Ternyata kau pernah menuliskan cinta di titik-titik salju,
yang tak terbaca sang pertapa
 
Katamu diam bisa jadi sebuah bahasa,
yang jatuh dari surga
 
Sayang, itu tak bisa membangunkan sang pertapa
 
Sampai kau sanggup merangkai kata-kata cinta dalam sekuntum bunga
 
Lalu kau tancapkan
Tepat
di dada sang pertapa
 
 
 
*Evolusioner artinya berangsur-angsur; sedikit demi sedikit.Perubahan yang terjadi secara evolusioner itu ternyata lebih baik daripada yang terjadi secara revolusioner

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be