Merpati



Merpati burung yang sangat setia terhadap pasangannya. Lambang perdamaian dan kebebasan. Sebelum telegaraf ditemukan teknologi komunikasi menggunakan efektifitas burung ini dalam mengirim kabar.
Pada awal abad ke8 dipakai Yunani untuk mengirim berita tentang juara olimpiade. Yang menarik pada abad 44SM, marc Antony Modena dikenal sebagai Mutina, sebuah kota di Italia utara, berhasil dipertahankan Marcus Junius Brutus dari pengepungan. Dia meloloskan merpati untuk mengirim pesan kepada sekutunya, yaitu Decimus dan Hirtius.
Pada tahun 1815 telegraf belum ada di eropa. Sektor keuangan sedang cemas menunggu hasil pertempuran Waterloo antara Inggris dan Prancis. Dinasti perbankan eropa saat itu, keluarga Rothschild, sudah punya sebuah sistem komunikasi dengan beragam utusan dengan merpati pos salah satunya.
Pertempuran Waterloo terkenal karena Napoleon Bonaparte mengalami kerugian yang sangat berarti. Pada saat itu berita menyebar sangat lambat. Keluarga Rothschild bisa memamfaatkan berita kekalahan Napoleon, karena mengetahui berita ini lebih awal.

Posting Komentar