Skip to main content

Tentang Insomnia: Sebuah Ilustrasi Itikaf

tentang+insomnia+sebuah+ilustrasi+itikaf

Kata insomnia bagi mereka yang suka menenun kata baik itu seorang peneliti, penemu, penulis cerita atau seorang penulis puisi menjadi punya konotasi yang bebas atau bahkan bermakna sebuah kesempatan melakukan kontemplasi. Karena malam hari kerapkali menjadi ketenangan yang terlalu indah untuk dilewati dengan hanya sekedar tidur.

Bagi para pemikir atau para sufi insomnia menjadi punya dimensi lain. Mereka bahkan memilih untuk susah tidur di malam hari. Waktu yang berharga bagi mereka ternyata ketika lebih banyak terjaga. Bukankah kalimat "Bila sudah selesai dengan satu pekerjaan maka kerjakanlah pekerjaan lain" itu bukan jimat. Melainkan sebuah rujukan bahwa ada yang tak pernah istirahat. 

Bisakah mahluk seperti kita ini seirama dengan "yang tak pernah istirahat"? Pertanyaan yang mengusik teori kesehatan kalau tidur yang sehat itu 7 jam. Jangan-jangan yang menemukan teori tentang tidur yang sehat juga menemukan teori ini dengan begadang. Sebab seorang penemu jenius sekelas Leonardo Da Vinci ternyata punya prinsip "semakin sering tidur, semakin banyak hal yang akan hilang dalam hidup".

Dalam kaidah kedokteran insomnia termasuk katagori penyakit, yaitu susah tidur di malam hari. Cara penyembuhan dengan konsumsi makanan yang alami. Ini nampaknya harus jadi pilihan pertama, karena jelas terbebas dari efek samping. Atau kalau mau lebih ekstrim dengan terapi urine, alias pengobatan dengan cara meminum air kencing sendiri.

Gusti Alloh telah mengilhamkan dua pilihan kepada manusia antara kefasikan dan ketakwaan. Kalau kedua hal tadi disederhanakan menjadi dua pilihan antara tidur dan banyak tidur tentu orang yang giat bisa menjawabnya. Apalagi kalau kita masih ingat wasiat tuhan kepada manusia tentang khalifah.

Menurut bahasa saja khalifah punya arti menggantikan atau menempati tempatnya. Ketika para malaikat menggugat soal ini dengan mengatakan "Mengapa engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji engkau dan mensucikan engkau" 

Gusti Alloh menjawab, "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang kamu tidak ketahui"

Apakah karena manusia punya pilihan bebas, sehingga makhluk lain tak bisa mengetahui maksud tuhan menciptakan manusia? Burung tempua atau manuk manyar membuat sarang dengan konsisten sehari penuh dan hasilnya luar biasa. Burung tempua merupakan salah satu burung dengan sarang yang indah. Tapi apakah tempua pernah berfikir membuat apartemen mahal yang lebih nyaman?

tentang+insomnia+sebuah+ilustrasi+itikaf


Manusia dulu hidup nomaden, berpindah-pindah, kemudian menempati goa-goa, menetap dengan rumah dari kayu pohon. Sampai sekarang tak pernah puas melakukan perubahan untuk tempat tinggalnya. Padahal kondominium dan apartemen nyaman yang indah sudah mereka bangun. Dinamika manusia tetap luar biasa.

Membuat sarang yang rapuh saja manyar melupakan tidur siangnya. Apakah bisa manusia membangun peradabannya dengan lebih banyak tidur? Sejumlah perubahan gaya hidup manusia diciptakan oleh para pemikir atau penemu yang diyakini jam tidurnya sebentar. Gaya hidup yang membuat manusia makin nyaman dan terus diupayakan ramah lingkungan.

Maka di bulan puasa kita mengenal itikaf. Ibadah yang dilakukan pada 10 hari terakhir bulan puasa ini secara etimologi, berarti berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah kepada Allah yang dilakukan dengan tata cara tertentu disertai dengan niat.

Di 10 hari terakhir ini ada malam lailatul Qadar. Malam lailatul qadar juga disebut sebagai malam seribu bulan karena amal ibadah yang dilakukan pada malam ini akan memberikan kebaikan yang lebih baik dari ibadah selama seribu bulan.

Malam lailatul Qadar tentu tidak akan diberikan pada manusia yang sedang mendengkur, namun manusia yang tidak bisa tidur karena beribadah kepada tuhan. Hadiah kebaikan yang lebih baik dari ibadah selama seribu bulan itu teramat menggiurkan kalau dibanding umur kita.

Mirip sedekah jariyah yang memberikan pahala terus-menerus walaupun orang yang bersedekah tersebut telah meninggal dunia. Para penemu yang penemuannya dipakai terus dan bermamfaat bagi orang lain tentu termasuk kelompok yang beruntung ini.

Apakah karena kebaikannya sama dengan sedekah jariyah, itikaf juga harus menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang lain?

Wallahu a'lam bish-shawabi.



Comments

Popular posts from this blog

Arti Mimpi

Kalau kita membicarakan arti mimpi maka pasti hubungannya dengan ramalan apa yang akan terjadi bila kita sudah bermimpi. Misalnya kalau kita bermimpi dapat ikan, biasanya diartikan kita bakal dapat rizki atau keberuntungan.  Arti mimpi seperti ini kemudian kita sebut sebagai makna mimpi. Seperti keren tetapi pada kenyataannya  setelah bermimipi dapat ikan,  lebih sering tidak terjadi apa-apa dengan keberuntungan kita . Mengapa arti mimpi yang cenderung tahayul itu kita sebut makna? Ketika agama meyakinkan kita bahwa tuhan sengaja menggulirkan malam untuk beristirahat setelah siang beraktifitas. Maka tentunya ada aktifitas lain ketika kita tertidur, setelah begitu giat semua organ tubuh kita bekerja. Karena tertidur berbeda dengan mati, buktinya kita bisa bermimpi dan ketika bangun masih mengingatnya walau kadang tidak lengkap.  Dalam kondisi tertidur sel-sel tubuh kita tidak mungkin diam, karena harus mendukung kenikmatan tidur sang tuan. Selain itu karena sebagian besar otot-otot ki

Kiki Fatmala Meninggal

Ditulis Oleh: Garba Abraham Parasu Mengenang Kiki Fatmala                               Gambar dari Instagram Siapa yang tidak kenal kiki fatmala, Rita si Gadis memiliki gairah yang panas jika diceritakan dalam Film Kenikmatan Tabu. Beliau Meninggal diusia belum menginjak usia sangat tua 54 tahun. Memulai debut karir tentang per-Filmannya pada tahun 1988 pada usia muda seumuran penulis 19 tahun. Membintangi Film yang berjudul Permainan di Balik Tirai.   Wajahnya yang rupawan sangat memukau para pria diusianya, seringkali dia memiliki senyum manis yang khas yang bisa saja memberi kecerahan yang melihatnya. Sehingga ditutup usianya ini ada yang sangat tidak merelakannya karna cenderung masih diumur yang bisa beraktifitas seperti selayaknya aktof film yang luar biasa. Terkenal dan melambung tinggi dengan nama Mariam yang berperan dalam sinetron komedi seram Mariam Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Banyaknya yang bisa kita ambil dari berbagai macam keistimewaan beliau yang h

Agensi Blackpink Kehilangan “Sense”

Penulis : Sasadara Addin Setelah debut-nya girlband besutan agensi BLACKPINK atau YG Entertainment yakni BABY MONSTER, fans YG merasa kecewa karena konsep yang dibawakan di bilang mirip dengan senior 2 generasi sebelumnya (BLACKPINK, 2NE1). YG Entertainment ini merupakan 3 agensi besar Korea Selatan yang di sebut sebagai agensi panutan dan menjadi agensi yang di-inginkan oleh banyak trainee untuk jebol sebagai idol grup. Sehingga banyak spekulasi kekecawaan yang di lontarkan oleh banyak fans. Hip hop menjadi ciri khas dari agensi YG Entertainment ini. Sebelum berhasil men-debut-kan girlband BABY MONSTER ini, ada berita bahwa salah satu membernya Ahyeon mengundurkan diri. Kekecawaan ini sempat mereda karna berita lanjutan menyebutkan bahwa Ahyeon hanya akan vakum dan akan kembali melanjutkan sebagai member BABY MONSTER. Beberapa fans KPOP yang menunggu debut BABY MONSTER ini  menyebut, bahwa debut ini sukses dengan views youtube (saat artikel ini rilis) sebanyak 21++ juta dalam waktu be